7 Gol Tendangan Salto Terbaik Sepanjang Sejarah

7 Gol Tendangan Salto Terbaik Sepanjang Sejarah

7 Gol Tendangan Salto Terbaik Sepanjang Sejarah – Menyaksikan pertandingan sepak bola pasti memiliki ‘seni’ tersendiri. Tendangan-tendangan yang ditunjukkan sering membuat para penonton takjub. Salah satunya adalah tendangan dengan jenis salto atau lebih sering dikenal bicycle.

Sepanjang sejarah sepak bola, para pemain menggunakan tendangan salto sebagai cara untuk membobol gawang lain. Ada beberapa tendangan salto yang benar-benar luar biasa selama bertahun-tahun. Berikut daftar 7 gol salto terbaik.

Emre Can (2017)

Emre Can bukanlah pencetak gol yang produktif selama berada di Anfield, namun tendangan saltonya pada Mei 2017 sangat luar biasa. Gol MPO08  tersebut terbilang unik karena gelandang asal Jerman tersebut justru berlari ke area penalti Watford saat bola diantarkan kepadanya. Alhasil, ia hanya punya waktu sepersekian detik untuk mengatur tubuhnya agar berada di tempat yang tepat, sehingga ia bisa menyambut bola dengan tendangan sepeda sempurna yang melayang melewati kiper Hornets, Heurelho Gomes. 

Wayne Rooney (2011)

Tendangan salto ini menjadi penentu kemenangan dalam derby Manchester yang krusial yang terjadi di akhir kisah bergabungnya Rooney ke Man City. Ia bahkan memenangkan Gol Terbaik Liga Premier resmi dalam 20 musim pertama kompetisi. Gol dicetak berkat umpan silang Nani yang dibelokkan untuk mencetak tendangan overhead

Zlatan Ibrahimovic (2012)

Zlatan Ibrahimovic telah mencetak hat-trick saat ia menutup penampilan apiknya dengan gol yang benar-benar fantastis. Umpan panjang yang disalurkan ke dalam lapangan membuat kiper Joe Hart berusaha menghalaunya, namun karena berada di luar areanya, ia hanya bisa memenangkan sundulan lemah yang masih melewati Ibrahimovic. 

Philippe Mexes (2012)

Fakta bahwa Philippe Mexes adalah seorang bek yang hanya mencetak tujuh gol selama lima tahun bersama AC Milan, membuat banyak orang terkagum dengan cetakan golnya. Saat babak penyisihan grup Liga Champions di Anderlecht, Mexes harus melakukan double back untuk menyambut bola di tepi kotak penalti, pemain Prancis itu mengambil bola di dadanya dengan punggung menghadap gawang sebelum melakukan tendangan salto melewati kepalanya yang melewati kiper dan masuk ke dalam gawang. 

Alejandro Garnacho (2023)

Ini dalah salah satu gol tendangan overhead terbaik yang pernah ada. Itu terjadi hanya tiga menit setelah Man United bertandang menghadapi Everton. Pemain asal Argentina itu berusaha keras untuk membungkam Goodison dengan tendangan overhead yang benar-benar luar biasa saat ia melakukan double back untuk menyambut umpan silang Diogo Dalot dan menyambutnya dengan sempurna untuk membobol sudut atas gawang Jordan Pickford. Ini dikatakan sebagai tendangan overhead terbaik yang pernah ada di Premier League.

Cristiano Ronaldo (2018)

Tendangan saltonya melawan Juventus di perempat final Liga Champions pada bulan April 2018 benar-benar luar biasa karena beberapa alasan, namun hebatnya, gol tersebut bukanlah gol terbaik yang dicetak oleh pemain Real Madrid selama musim kompetisi Eropa tersebut. Tapi lebih dari itu nanti. Gol dari superstar Portugal ini adalah contoh nyata betapa ahlinya sang penyerang dalam membaca permainan.

Gareth Bale (2018)

Rekan satu tim Ronaldo di Real Madrdi tidak mau kalah dalam mencetak sejarah. Hanya enam minggu kemudian, setelah gol Ronaldo yang menakjubkan, Gareth Bale mencetak tendangan MPO08 overhead yang sama indahnya. Skor 1-1 antara Real Madrid dan Liverpool saat waktu tersisa kurang dari setengah jam ketika Marcelo mengirimkan umpan silang penuh harapan dari kiri. Pemain asal Wales itu kembali mencetak gol di pertandingan berikutnya, saat Los Blancos meraih gelar Liga Champions ke-13 mereka.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *